RSS Feed
Welcome
image

Kegiatan SIswa

0227803583


Jl. Cisaranten kulon no 140
Artikel Terbaru
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

SLINK

Ada apa dengan SD Plus Al-Ghifari

 

Siap Bersaing Di dalam Memenuhi Tuntutan Masyarakat

 

SD PLRS AL-GHIFARI

 

Bandung, PKS Kurikulum

 

Didalam menerapkan pola pendidikan yang sesuai dengan Al-Qur’an yakni pendidikan yang rabbani, yaitu pola pendidikan yang sesuai dengan minhaj (aturan) Allah dan Uswah (contoh) rosulnya.

Dengan Pola pendidikan yang Rabbani ini diharapkan bisa mampu melahirkan generasi yang kuat dengan memiliki aqidah salimah, akhlaq karimah, amaliah shalihah, dan akal yang fathonah (cerdas).

Konsep itulah yang diterapkan oleh Sekolah Dasar Plus Al-Ghifari didalam menerapkan pola pendidikannya. Dan hal itulah yang menjadi dasar kuat bagi Sekolah Dasar Plus Al-Ghifari agar mampu bersaing didalam memenuhi tuntutan masyarakat.

Ketika tim DR mengunjungi SD Plus Al-Ghifari yang terletak di Jalan cisaranteun Kulon No 40 Telp. 022.7803583 Soekarno Hatta Bandung, dan kemudian pada saat itu Tim DR hanya di temui langsung oleh Wakasek di ruang kerjanya, karena menurut Wakasek, Tatang Mulyana, S.Ag mengatakan bahwa Kepala Sekolah Bapak Muhamad Hamzah, S.Ag sedang tugas keluar. Kemudian dalam kesempatan itu Wakasek menuturkan bahwa, tujuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Ghifari yakni, satu, mendidik para siswa untuk menjadi anak yang memiliki aqidah yang benar, akhlak terpuji, amaliyah yang baik dan akal yang sehat, kedua, mempersiapkan para siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Selanjutnya di jelaskan lebih lanjut oleh Tatang, untuk memenuhi efektivitas pembelajaran Sekolah Dasar Plus Al-Ghifari mengupayakan jumlah siswa dalam satu kelas 30 orang, dan materi yang diberikan di SD Plus Al-Ghifari diramu dan dipadukan antara kebutuhan sains dan teknologi yang dikemas secara Islami, dengan acuan yang digunakan adalah materi kurikulum Nasional Depdiknas, Depag dan muatan lokal misi Islami Yayasan Al-Ghifari.

Landasan Prioritas garapan yang dikemas SD Plus Al-Ghifari berdasarkan, Landasan Proses Belajar Mengajar adalah Al-Qur’an dan Hadits, menanamkan kebiasaan kegiatan Islami sejak dini, melatih anak untuk berfikir, berkreasi (kreatif), tekun dan mampu bekerja keras, kemudian menciptakan pola pendidikan Islami terpadu mardhatillah dan rabbani yang diupayakan bersama guru, orang tua dan masyarakat. Dengan metode yang digunakan yakni, proses pembelajaran yang dilaksanakan secara klasikal dan individual, pembelajaran secara tertulis, hapalan dan praktek yang dibantu alat peraga, kemudian pembelajaran diupayakan Dalam suasana menyenangkan, sesuai dengan sifat anak yang senang bermain (metoda belajar sambil bermain), pembelajaran mengenal alam/lingkungan (Pengenalan profesi/Lingkungan).

Fasilitas pendidikan yang telah di punyai Sekolah Dasar Plus Al-Ghifari berupa, Gedung sekolah permanen milik sendiri, Balai pengobatan (pemeriksaan kesehatan gratis), armada antar jemput siswa, Beasiswa untuk siswa yang berprestasi, Perpustakaan sebagai pusat kegiatan akademik mandiri, Lab Komputer/Multimedia, Masjid dan Aula.

Menurut Tatang dalam hal prestasi, sejak berdiri tahun 1997 SD Plus Al-Ghifari telah meraih beberapa prestas antara lain, peringkat ke-1 lomba Baca Tulis Hitung (calistung) di Kec.Arcamnik tahun 2000, peringkat ke-1 lomba mental aritmetika level 3 se-Jawa Barat (IKIP Bandung) tahun 2001, Peringkat ke-3 lomba mental aritmetika level 6 se-Jawa Barat (IKIP Bandung) tahun 2001, peringkat ke-2 lomba murattal tingkat Kota Bandung, peringkat ke-1 Lomba menyanyi tingkat Jawa barat (Mc.Donald) tahun 2001, peringkat ke-1 lomba Foto Model tingkat Kota Bandung, peringkat ke-2 TahfidzJuj Amma tingkat Kota Bandung, peringkat ke-3 Nasyid Islami tingkat Kota Bandung, peringkat ke-2 Siswa Teladan tingkat Kota Bandung, peringkat ke-2 Menggambar tingkat Kota Bandung, peringkat ke-3 Poto Genik tingkat Kota Bandung, Juara terbaik konferensi Anak se-Indonesia Majalah Bobo, peringkat ke-1 MTQ Tingkat Kota Bandung Putra Putri, dll.

kemudian Tatang selanjutnya menjelaskan bahwa, SD Plus Al-Ghifari merupakan sekolah termurah se-Kota Bandung untuk strata/tingkat Sekolah Dasar Plus. "untuk hal itu SD Plus Al-Ghifari telah menerima titipan untuk pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2010-2011" ungkapnya.(Tatang Mulyana, S.Ag)

Last Updated on Wednesday, 13 January 2010 16:31  

Sat, 13 Mar 2010 @08:46


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+3+9

Copyright © 2014 SD PLUS AL-GHIFARI · All Rights Reserved